Sunday, July 3, 2016

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total -  Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat Android. Masalah ini bisa disebabkan karena sistem Android yang error, atau juga karena ada file sistem yang hilang. Akibatnya perangkat Android akan berhenti pada logo atau tidak bisa masuk ke menu utama saat dinyalakan.
Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total
Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total

Penyebab bootloop ini bisa bermacam-macam. Yang paling sering karena malware yang menyerang sistem. Selain itu bootloop bisa terjadi karena kita tidak sengaja menghapus file sistem Android (walaupun sangat jarang saya temukan). Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah bootloop ini cukup mudah. Namun pertama-tama anda harus mengetahui seberapa parah bootloopnya dan apa yang menyebabkan perangkat Android anda mengalami bootloop. Saya sendiri pernah mengalami bootloop karena malware setelah saya me-ROOT Hp saya.

Ada 3 jenis bootloop yang kita kenal saat ini, yaitu :
  1. Light Bootloop
    yaitu Bootloop ringan yang dapat diatasi dengan cara mencabut baterai HP dan diamkan beberapa saat. Dan Bootloop ini sangat jarang terjadi karena biasanya bootloop ini terjadi karena memodifikasi file sistem.
  2. Medium Bootloop
    Jenis ini yang paling sering dijumpai termaksud yang terjadi di kasus saya :v . Cara memperbaikinya sangat mudah bisa melakukan WIPE data dari Factory Mode atau dengan melakukan restore back up CWM atau bisa menggunakan odin di PC.
  3. Hard Bootloop
    Ini adalah jenis Bootloop yang paling susah untuk diatasi karena untuk masuk ke Recovery Mode saja tidak bisa. Solusinya jika terjadi bootloop ini adalah melakukan flash menggunakan PC Odin atau perangkat seperti tool box atau recovery box.
Oke Saya akan jabarkan lebih sederhana lagi cara mengatasi bootloop tanpa flashing

Masuk ke Recovery Mode untuk melakukan Factory Reset. Berikut Cara Masuk Recovery Mode HP Android



ACER

Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal:

Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar



ADVAN

Advan T1c:

Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.



CROSS

Cross A1 Tabmate:

Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode)



Cross AD350:

Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME



Cross A6T TabMate:

Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power



CSL

Blueberry CSL Mi 410:

Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME



Blueberry CSL Mi 320:

Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan



HUAWEI

Huawei X3 dan X5:

Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power



Huawei S7:

Tekan tombol MENU + Call + Power

Ideos C8150 (AHA Touch):

Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power



IMO

IMO Tab Z5:

Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).



IVIO

IVIO DE88:

Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.



LG

LG L3 E400:

Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.



LG L3 E400:

Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power, setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.



SAMSUNG

Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:

Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.



Samsung Galaxy 551:

Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.



Samsung Galaxy Pro:

Tekan tombol T + Tombol Power.



Samsung Galaxy Y (Young) GSM:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.



Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.



Samsung Galaxy W (Wonder):Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).



Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200): Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.



Samsung Galaxy Note N7000: Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.

PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.



Samsung Galaxy Mini II S6500: Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.



Samsung Galaxy Chat GT-B5330: Tekan tombol Volume Down + Home + Power.


SMARTFREN Andromax:

Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.



Tabulet Sparta:

Dalam keadaan perangkat terhubung dengan charger, tekan tombol Power + Volume Up + Vol Down.



TOM i20:

Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan

Nah Untuk Merek yang lain bisa ditanya di forum :V

Oke Jika kalian bahkan tidak bisa masuk ke mode recovery. Kalian Dapat melakukan flashing. Apabila kalian menggunakan hp Android merk Samsung, proses flashing cukup mudah yaitu dengan menggunakan Odin atau Kies di Laptop. Pertama kalian download terlebih firmware untuk Android kalian dari sammobile.com selanjutnya proses flashing bisa dilakukan menggunakan Odin.
Berbeda bila kalian menggunakan Android merk LG diminta kalian bisa melakukan install ulang Android untuk mengatasi bootloop menggunakan LG Flash Tool, dengan menggunakan firmware dalam bentuk file KDZ. Dengan melakukan proses flash Android menggunakan file KDZ kalian bisa dengan mudah mengatasi boot loop Android.
Lalu bagaimana dengan Android merk lain? untuk ponsel Sony bisa menggunakan Sony PC Companion yang bisa mengatasi masalah restart di logo Android dengan mudah dan cepat, pengguna Android berbasis MTK bisa menggunakan Android Multitool yang akan membantu proses restore Android ke setelan pabrik menggunakan firmware resmi.

Nah itulah cara mengatasi Bootloop. Kalian mungkin bertanya kenapa tidak ada tutorial dalam flashing. Oke, tutorial flashing tidak saya buat karena itu tidak saya anjurkan karena proses nya yang cukup ribet. Tetapi jika kalian masih tidak paham, bisa dicari di google cara flashing atau nunggu saya update artikel tentang cara flash android minggu depan :V


EmoticonEmoticon